Home Berita Kapolres POLRES TAPTENG GELAR SISPAM KOTA DALAM RANGKA PILKADA 2024

POLRES TAPTENG GELAR SISPAM KOTA DALAM RANGKA PILKADA 2024

16
0
SHARE
POLRES TAPTENG GELAR SISPAM KOTA DALAM RANGKA PILKADA 2024

Tapteng - Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, Polres Tapteng melaksanakan Apel Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota).

Sispam Kota Polres Tapqnuli Tengah dipimpin oleh Kapolres Tapteng, AKBP Basa Emden Banjarnahor, S.I.K., M.H disaksikan Forkopimda Kab. Tapteng yang berlangsung di Lapangan Mapolres Tapteng pada Rabu, (18/09/2024) pukul 09.10 wib

Sebelum penampilan Sispam Kota, dilaksanakan apel bersama yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Tapanuli Tengah, Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP., M.M, serta unsur forkopimda perwakilan dari TNI, Kejari, Basarnas, Satpol PP, dan Bawaslu serta tokoh agama yakni Ketua MUI Kab. Tapteng.

Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Basa Emden Banjarnahor menekankan pentingnya keseriusan dalam pengamanan Pilkada untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas). 

“Kita tidak boleh membiarkan pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa kita. Polri bersama TNI, Satpol PP, dan seluruh instansi terkait harus menjaga proses Pilkada berjalan dengan aman, damai, dan tertib sesuai aturan,” ujar Kapolres.

Kapolres Tapteng juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait mekanisme pengamanan Pilkada dan jenis tindakan yang diperlukan oleh petugas di lapangan.

"Potensi gangguan keamanan seperti unjuk rasa yang berujung anarkis harus diantisipasi dengan matang. Untuk itu, simulasi ini menampilkan tiga skenario pengamanan yang melibatkan pengamanan di TPS, pengawalan kotak suara dari TPS ke PPK, dan penanganan unjuk rasa di Kantor PPK dan KPU" terang Kapolres.

Setelah apel selesai, dilanjutkan dengan simulasi pengamanan kota dengan melakukan berbagai situasi darurat yang mungkin terjadi selama proses pemilihan diperagakan oleh personil Polres Tapteng yang bekerja sama dengan TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh personil dalam menghadapi potensi gangguan keamanan. Kapolres mengingatkan seluruh peserta untuk serius mengikuti simulasi ini, agar memiliki kesamaan persepsi dan taktik dalam menghadapi setiap situasi di lapangan. "Kesiapan kita menjadi kunci terwujudnya pemilu damai di wilayah Tapanuli Tengah," tegasnya.

Polres Tapteng bersama dengan seluruh elemen terkait berkomitmen penuh untuk mengawal Pilkada 2024 dengan aman, damai, dan tertib. Dengan simulasi ini, diharapkan setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berjalan sesuai peraturan perundang-undangan, serta menjaga stabilitas keamanan daerah.

Sumber : Humas Polres Tapteng