Home KAMTIBMAS Polres Tapanuli Tengah Gelar Patroli Blue Light untuk Jaga Ketertiban Wilayah

Polres Tapanuli Tengah Gelar Patroli Blue Light untuk Jaga Ketertiban Wilayah

8
0
SHARE
Polres Tapanuli Tengah Gelar Patroli Blue Light untuk Jaga Ketertiban Wilayah


Tapanuli Tengah – Pada Senin malam (23/09/2024), Polres Tapanuli Tengah kembali mengadakan Patroli Blue Light guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayahnya tetap terkendali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh personel Sat Samapta sebagai langkah proaktif dalam menjaga stabilitas menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, S.I.K, M.H, melalui Kasat Lantas Polres Tapanuli Tengah, AKP Mujiono, S.Pd, yang juga menjabat sebagai Piket Perwira Pengawas, menegaskan bahwa kegiatan patroli ini adalah upaya Polres untuk menciptakan kondisi aman selama tahapan Pilkada. "Patroli Blue Light adalah bagian dari kesiapan kami untuk memastikan keamanan tetap terjaga. Kami menghimbau masyarakat untuk turut serta menjaga kamtibmas dan segera melaporkan segala bentuk aktivitas yang mencurigakan," ujar AKP Mujiono.

Lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dalam patroli kali ini antara lain Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Alun-Alun Kota Pandan, Simpang Lampu Merah Pandan, Simpang Pondok Batu Sarudik, serta sejumlah perumahan dan bank di sepanjang Jalan P. Sidempuan, Kelurahan Pandan.

Selama patroli, selain mengamankan area, petugas juga aktif berdialog dengan warga setempat. Mereka memberikan imbauan terkait kewaspadaan terhadap kejahatan, serta membagikan tips pengamanan, seperti penggunaan kunci ganda pada sepeda motor untuk mencegah pencurian. Patroli ini juga bertujuan mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan berbagai bentuk kejahatan jalanan lainnya, termasuk premanisme.

Petugas patroli juga memperhatikan para pelajar yang masih berada di luar rumah pada malam hari, mengarahkan mereka untuk segera pulang guna mencegah potensi keterlibatan dalam aktivitas negatif seperti kriminalitas atau geng motor.

Hingga patroli berakhir, situasi di wilayah hukum Polres Tapanuli Tengah terpantau aman dan kondusif, tanpa adanya gangguan kamtibmas. Kesuksesan ini semakin memperkuat keyakinan bahwa seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tapanuli Tengah akan berjalan lancar dan aman.

Sumber: Humas Polres Tapanuli Tengah