Home SAT PAMOBVIT Patroli Malam Hari Polres Tapanuli Tengah Cegah Kriminalitas

Patroli Malam Hari Polres Tapanuli Tengah Cegah Kriminalitas

17
0
SHARE
Patroli Malam Hari Polres Tapanuli Tengah Cegah Kriminalitas

Tapanuli Tengah – Untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terkendali di wilayah hukumnya, Polres Tapanuli Tengah melalui personel Sat Samapta menggelar Patroli Blue Light pada Selasa, (03/09/2024) malam.

Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor, S.I.K, M.H, melalui Kasiwas Polres Tapanuli Tengah, AKP Sargatua Siregar, S.H, yang juga menjabat sebagai Piket Perwira Pengawas, menegaskan bahwa Polres Tapanuli Tengah berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan selama Pilkada Serentak 2024.

"Patroli Blue Light ini adalah salah satu upaya kami untuk memastikan bahwa seluruh proses Pilkada berjalan dengan aman. Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kamtibmas dan segera melaporkan hal-hal mencurigakan," ungkap AKP Sargatua.

Patroli ini difokuskan pada beberapa lokasi strategis yang dianggap memiliki potensi gangguan kamtibmas. Lokasi-lokasi tersebut antara lain Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Alun-Alun Kota Pandan, Simpang Lampu Merah Pandan, Simpang Pondok Batu Sarudik, Perumahan Pandan, Tugu Perbatasan Sibolga - Kab. Tapteng, serta sejumlah bank yang terletak di sepanjang Jalan P. Sidempuan, Kelurahan Pandan, Kecamatan Pandan.

Selama patroli, personel Sat Samapta tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga berinteraksi dengan warga yang ditemui. Masyarakat diberi himbauan untuk turut serta menjaga keamanan lingkungan mereka, termasuk tips kamtibmas seperti penggunaan kunci ganda pada kendaraan bermotor untuk mengurangi risiko pencurian.

Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan, termasuk pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan kejahatan jalanan lainnya seperti premanisme. Personel juga memberikan perhatian khusus pada para pelajar yang masih berkeliaran di malam hari, mengarahkan mereka untuk segera pulang demi menghindari keterlibatan dalam kegiatan kriminal atau geng motor.

Selama patroli berlangsung, tidak ditemukan adanya gangguan kamtibmas, dan kondisi di wilayah hukum Polres Tapanuli Tengah tetap aman dan kondusif. Keberhasilan patroli ini meningkatkan keyakinan bahwa seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tapanuli Tengah akan berjalan dengan lancar dan aman.

Sumber: Humas Polres Tapanuli Tengah